Kenali Beberapa Faktor Penyebab Kerusakan Jalan

kenali-beberapa-faktor-penyebab-kerusakan-jalan

kenali-beberapa-faktor-penyebab-kerusakan-jalan

 

Pembangunan sarana dan prasarana khususnya jalan raya saat ini sedang digenjot pemerintah merata hingga ke pelosok pelosok negeri ini. Dengan adanya jalan mempermudah transportasi untuk masyarakat dari desa ke kota atau sebaliknya dari kota ke desa sehingga pembangunan jalan hingga ke desa desa mendorong pertumbuhan laju perekonomian di suatu daerah pada khususnya dan pertumbuhan laju ekonomi di Indonesia pada umumnya.

Sebagai pengguna jalan kita semua tentunya menginginkan jalan yang rata, mulus dan tidak berlubang, karena jalan yang bergelombang, becek, berlubang lubang membahayakan dan berpotensi menimbulkan kecelakaan bagi penggunanya selain itu waktu tempuh saat berkendara jadi lebih lama sehingga boros bensin bagi kendaraan bermotor.

Saat jalan rusak dan berlubang sebagian masyarakat ada yang ikut ambil bagian dan perduli dengan cara melakukan penutupan lubang jalan tersebut dengan puing puing batu, tanah, pasir maupun material lainnya. Hal itu dilakukan agar lubang pada jalan tersebut minimal bisa tertutup sehingga potensi kecelakan bisa diminimalisir.

9 Faktor Penyebab Kerusakan Jalan

Berikut beberapa faktor penyebab kerusakan pada jalan yang kami rangkum :

1. Drainase yang tidak berfungsi dengan baik atau bahkan tidak ada

Infrastruktur yang berfungsi untuk menampung dan menyalurkan air dari badan jalan saat turun hujan ini sangatlah penting, karena lama kelamaan air yang menggenang pada jalan berakibat buruk untuk struktur jalan. Aspal jadi mudah rusak.

2. Mutu Aspal yang Kurang baik

Jika berdomisili di wilayah Bogor dan sekitarnya untuk mendapatkan mutu aspal hotmix yang berkualitas baik sesuai syarat mutunya diperlukan mix design, jika tidak mengikuti kaidahnya maka dipastikan mutunya kurang baik. Diperlukan adanya pemborong pekerjaan ini yang menyediakan jasa pengaspalan bogor yang sudah berpengalaman bertahun tahun menghasilkan pengaspalan yang benar dan baik.

3. Kelebihan beban kendaraan atau over tonase

Salah satu faktor cepatnya jalan rusak adalah kelebihan beban atau over tonase dari kendaraan seperti truk, tronton dll. Sebenarnya pemerintah melalui dinas perhubungan sudah mengadakan rambu dan jembatan timbang guna mengatur kendaraan mana saja yang boleh melewati jalan sesuai beban jalannya.

READ  Trik Dan Kiat Yang Dapat Memanfaatkan Energi Alami, Sederhana, Dan Produktif

4. Perencanaan ketebalan perkerasan jalan yang kurang tepat

Kerusakan jalan bisa saja disebabkan oleh kurang tepatnya merencanakan ketebalan perkerasan jalan sebelum jalan dibangun. Karenanya perlu diadakan pengambilan data data yang tepat sesuai kebutuhan.

5. Lapis pondasi agregat yang tidak padat

Konstruksi jalan memerlukan 2 lapis pondasi agregat kelas A & B. Saat pekerjaan berlangsung jika tiap lapisan pondasi agregat tersebut tidak padat maka akan menyebabkan jalan menjadi bergelombang karena tidak kuat menahan beban lalu lintas diatasnya.

6. Konstruksi tanah dasar yang kondisinya tidak stabil

Diperlukan penyelidikan teknis terhadap lapisan tanah dasar karena sebagian daerah di Indonesia ada yang memiliki kondisi tanah dasar yang gak stabil.

7. Faktor bencana alam

Bencana alam bisa menyebabkan kerusakan parah pada jalan walaupun sebetulnya tidak bisa dihindari.

8. Pelaksanaan pekerjaan pengaspalan yang tidak sesuai atau tidak baik

Saat pelaksanaan pekerjaan pengaspalan pekerja harus memperhatikan beberapa hal spt : tebal aspal yang dihamparkan dan suhu saat penghamparan aspal guna mengantisipasi kerusakan dini pada aspal jalan.

9. Tidak adanya perawatan berkala

Jika jalan yang telah lama tidak dilakukan perawatan secara berkala bukan tidak mungkin awalnya hanya lubang kecil lama kelamaan menjadi lubang besar dan banyak yang membahayakan para pengendara jalan.

Semoga halaman yang berjudul kenali beberapa faktor penyebab kerusakan jalan ini bermanfaat dan berguna buat kita semua.