Kelebihan menggunakan Plafon Triplek

Dibandingkan dengan plafon jenis lainya, plafon triplek memang ekss sedari dulu. Bahkan sampai sekarang pun plafon triplek masih sering digunakan. Hal ini dikarenakan plafon triplek sendiri memiliki motif dekoratif alami yaitu berupa serat kayu maupun mata kayu yang nampak indah karena lebih naturall. Bagi penggenar runah dengan gaya klasik atau vintage, plafon kayu memiliki nilai yang lebih dalam hal estetika. Layaknya struktur kayu lainya, triplek kayu memiliki fleksibelitas untuk disesuaikan dengan keinginan kita.

Ingin tau lebih jelasnya tentang plafon triplek dan bagaimana kelebihan dari plafon kayu? Anda bisa menyimak pada pembahasan berikut ini

Plafon Triplek

Plafon triplek merupakab plafon yang berbahan dasar triplek atau kayu lapis (plywood). Triplek sendiri memiliki beragam ketabalan dan juga lebar. Dibandingkan dengan plafon lainya seperti GRC atau gypsum plafon triplek sudah lebih dahulu dikenal oleh masyarakat. Harga dari plafon triplek juga relatif murah.

Triplek sebagai bahan dasar dari plafon juga merupakan bahan multifungsi. Selain dijadikan plafon, triplek bisa berfungsi sebagai bahan furniture, sekat atau bahkan dinding non-permanen, dan masih banyak lagi. Fungsi plafon sendiri adalah untuk melindungii rumah dari kotoran atau debu dari atap, untuk memudahkan peletakan instalasi listrik dan masih banyak lagi.

  1. Harganya Murah

Dibandingkan dengan plafon dengan jenis lainya seperti plafon gypsum, GRC, plafon berbahan triplek memiliki harga yang lebih murah. Untuk rangka plafon sendiri bisa menggunakan kaso sehingga lebih hemat lagi. Akan tetapi disarankan Anda membangun rangka plafon dengan cukup kuat untuk mendahan beban Anda atau tukang jikalau suatu saat ingin memperbaiki atap yang bocor atau melakukan renovasi atap.

Untuk triplek sendiri, walaupun harganya murah, untuk menahan beban Anda atau beban aktivitas sudah cukup kuat.

  1. Mudah Didapatkan

Anda tidak akan susah menemukan plafon triplek di seluruh daerah yang ada di Indonesia baik itu di perkotaan ataupun di desa. Hal ini dikarenakan plafon sendiri merupakan produk unggulan yang masih diminati oleh masyarakat.

Anda hanya tinggal mendatangi toko bangunan, ataupun sawmilll yang ada di kota Anda dan pasti Anda akan menemukanya dengan mudah.

  1. Pengerjaannya yang Cepat dan Mudah
READ  Apa Itu Pondasi Paku Bumi

Pemasangan plafon triplek sangat mudah menurut jasa bangun rumah Jogja. Bahkan plafon triplek bisa dipasang walaupun tanpa keahlian khusus. Sehingga Anda bisa melakukanya sendiri dan tidak perlu membayar tukang untuk memasang plafon. Plafon triplek juga ringan dan mudah dipindahkan. Pengerjaan plafon untuk satu ruangan saja misalkan kamar bahkan tidak memerlukan waktu beberapa jam untuk menyelesaikanya.

  1. Mudah Diperbaiki atau Diganti

Selayaknya melakukan pemasangan, plafon triplek juga mudah untuk di ganti maupun diperbaiki. Jika ada kerusakan, Anda hanya perlu memperbaiki bagian dan mengganti bagian yang rusak saja. Triplek yang fleksibel bisa Anda ubah sesuai keinginan Anda.

Anda bahkan bisa melakukanya sendiri tanpa perlu membayar tukan untuk memperbaiki atau mengganti triplek yang rusak.

  1. Tahan Penyusutan

Walaupun terbuat dari kayu, Ada tidak perlu khawatir jika suatu saat triplek kayu akan berubah bentuk karena mengalami penyusutan. Asalkan Anda melakukan perawatan dengan baik dan memasang di tempat yang tepat, plafon kayu tidak akan mudah berubah bentuk atau menyusut.

Nah inilah dia beragam kelebihan dari plafon triplek. Layaknya plafon jenis lainya, selain memiliki kelebihan,  plafon triplek juga masih memiliki beberapa kelemahan. Untuk itu diperlukan edukasi agar Anda tidak salah dalam memilih material bangunan Anda. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.