Jaga Kesehatan Mental Ditengah Wabah Virus Corona

Jaga Kesehatan Mental Ditengah Wabah Virus Corona

Jaga Kesehatan Mental Ditengah Wabah Virus Corona

Wabah virus corona (Covid – 19) tidak hanya mengancam kesehatan fisik masyarakat, namun virus ini juga bisa mengganggu kesehatan mental seseorang. Hal ini disebabkan karena rasa cemas dan takut yang disebabkan karena pandemic virus corona. Karena sekarang ini semua individu khawatir akan kesehatannya, perekonomian mereka, dan cemas kapan akan berakhirnya virus yang mewabah di seluruh penjuru dunia ini.

Bukan hanya rasa takut, tekanan psikologis yang ditimbulkan dapat berdampak serius bagi seseorang. Sebagian orang merasa suatu tekanan atau beban yang besar akibat virus corona. Dan bila orang tersebut tidak dapat mengendalikan tekanan tersebut, nantinya dapat berdampak negatif pada kesehatan mental. Berikut adalah beberapa hal untuk menjaga kesehatan mental kamu, ditengan pandemic virus corona.

Bijak dalam memilih berita atau informasi

Yang paling pertama adalah kamu harus bijak dalam memilih informasi. Selain memilih dengan bijak informasi mana yang harus kamu serap. Selain itu, , kamu juga harus membatasi diri untuk menonton, membaca , dan mendengar berita mengenai pandemi virus corona. Hal ini dilakukan untuk mengurangi rasa cemas kamu. Pilih informasi secara bijak dan kritis.

Melakukan kegiatan fisik

Kegiatan fisik seperti olahraga ringan juga bagus untuk mengatasi kecemasan kamu. Kamu bisa lari, workout, peregangan, atau pun menari. Dengan melakukan kegiatan fisik, makan tubuh kamu akan memproduksi hormone endorphin yang berguna untuk meredakan stress dan memperbaiki mood kamu.

Menjaga komunikasi dengan keluarga dan juga sahabat

Luangkan waktu kamu untuk berkomunikasi dengan keluarga, teman, sahabat dan rekan kerja mu. Kamu bisa melakukannya melalui video call, pesan singkat atau pun telpon. Sehingga kamu bisa bercerita dan membagikan keresahan kamu. Dengan begitu, tekanan yang kamu rasakan dapat berkurang dan lebih tenang.

Melakukan konseling dengan psikiater/psikolog

Bila kamu memang memiliki kesehatan mental, adanya baiknya kamu rajin untuk tetap berkomunikasi dengan dokter kamu untu konseling. Lalu jika kamu diberikan obat – obatan dari resep dokter kamu, minum lah secara rutin. Jangan ragu untuk melakukan dengan psikolog atau psikiater, mereka dapat membantu memantau kondisi kesehatan mental kamu.

READ  Cara Mengurus Surat Izin Keluar Masuk Jakarta (SIKM)

Membuat rutinitas yang menyenangkan

Selama kamu menjalani karantina dirumah, kamu bisa membuat runitas untuk dilakukan sehari – hari sehingga kamu jadi produktif dan tidak stress. Kamu bisa mengisi rutinitas kamu dengan melakukan hobi, atau hal yang kamu sukai. Seperti, menonton film, membaca buku, memasak, membersihkan rumah dan lain sebagainya. Bukan hanya kamu lebih jadi produktif, tapi kamu jadi bisa menghilangkan rasa jenuh kamu yang menyebabkan kecemasan dan ketakutan.

Rasa cemas dan ketakutan yang kamu alami ditengah pandemi ini memang wajar, tapi kamu tetap harus berpikiran positif, bersyukur, dan tetap waspada.