Cara Menulis Deskripsi Produk yang Benar di Marketplace

Cara Menulis Deskripsi Produk yang Meningkatkan Konversi Penjualan di Marketplace

Cara Menulis Deskripsi Produk yang Meningkatkan Konversi Penjualan di Marketplace

Cara Menulis Deskripsi Produk yang Meningkatkan Konversi Penjualan di Marketplace –┬áDeskripsi produk adalah bagian yang paling sering diremehkan oleh orang-orang yang menjual produk secara online di marketplace, khususnya mereka yang menjual menggunakan sistem dropship.

Kebanyakan dropshipper sama sekali tidak paham bagaimana cara menulis deskripsi produk yang benar. Yang biasa dilakukan oleh dropshipper maupun reseller pemula adalah copy paste deskripsi dari kompetitor atau dari supplier. Apalagi para pengguna tools dropship marketplace, sudah pasti melakukan itu!

Padahal jika anda bisa menuliskan deskripsi yang benar, hal tersebut bisa meningkatkan konversi penjualan.

Masalahnya, bagaimana cara menulis deskripsi produk yang benar untuk anda yang jualan online di marketplace itu? Anda bisa simak hal tersebut selengkapnya di dalam artikel ini.

Hal-Hal Penting yang Harus Ada di Deskripsi Produk yang Anda Jual di Marketplace

Cara Menulis Deskripsi Produk yang Meningkatkan Konversi Penjualan di Marketplace
Cara Menulis Deskripsi Produk yang Meningkatkan Konversi Penjualan di Marketplace

Bagi anda yang mau tau bagaimana cara menulis deskripsi produk yang bisa meningkatkan penjualan di marketplace, anda harus tau apa saja hal-hal penting yang harusnya ada di dalam deskripsi sebuah produk itu.

Berikut ini adalah beberapa hal penting yang seharusnya wajib anda tuliskan di dalam deskripsi produk yang anda jual di marketplace:

  • Masalah apa yang bisa diselesaikan dengan menggunakan produk yang anda jual

Hal penting pertama yang wajib anda tuliskan di deskripsi produk yang anda jual di marketplace itu sebenarnya bukan seperti spesifikasi produknya.

Percayalah, tidak ada satupun orang yang peduli dengan spesifikasi produk yang anda jual. Tidak ada satupun orang yang mau tau apa bahan-bahan yang ada di dalam produk anda.

Tidak percaya? Seberapa sering anda melihat spesifikasi sebuah produk yang mau anda beli? Atau lebih tepatnya, sudah pernahkah anda meneliti apa saja spesifikasi produk yang mau anda beli?

Jika anda tidak pernah melakukannya, lalu untuk apa anda menuliskan hal tersebut di deskripsi produk yang anda jual di marketplace?

Jika ingin bisa meningkatkan konversi penjualan, mulailah menuliskan mengenai masalah apa yang bisa diselesaikan dengan menggunakan produk yang anda jual di marketplace tersebut.

READ  9 Keunggulan WA Dibanding Aplikasi Chat Lainnya

Hampir semua orang itu membeli sebuah produk karena bisa mengatasi masalah yang mereka alami. Kebanyakan orang tidak membeli sebuah produk karena spesifikasinya menarik.

  • Jawab semua keraguan calon konsumen di deskripsi produk anda

Selain mengutarakan dengan jelas dan lengkap mengenai masalah apa yang bisa diatasi dengan menggunakan produk yang anda jual di marketplace, anda juga sebaiknya menuliskan jawaban dari semua keraguan calon konsumen anda di deskripsi produk anda.

Pasalnya, mayoritas orang itu terkadang itu tidak jadi membeli hanya karena ragu tentang satu hal khusus. Dan ada kemungkinan jika mereka bertanya, anda tidak bisa memberikan jawaban secepat yang mereka inginkan.

Oleh sebab itu, lebih baik gunakan deskripsi produk untuk menuliskan semua jawaban mengenai keraguan dari calon konsumen anda.

Lalu apa saja contoh keraguan yang dialami oleh calon konsumen anda itu? Hal ini berbeda dari satu orang dengan yang lainnya. Untuk mengetahui apa saja keraguan calon konsumen anda, ada baiknya anda cek langsung di toko online yang menjual produk satu tema dengan anda.

Buka pada bagian diskusi dari toko online tersebut dan cari berbagai macam pertanyaan calon konsumen seputar produk yang dijual.

Setelah anda rangkum pertanyaannya, buatlah juga jawabannya. Misalkan ada banyak orang bertanya mengenai garansi produknya, tuliskan jawabannya di dalam deskripsi produk anda.

Dengan begitu, maka keraguan calon konsumen sudah berhasil anda jawab di dalam deskripsi produk.

Sebenarnya cukup mudah bukan cara menulis deskripsi produk yang bisa meningkatkan konversi penjualan di marketplace itu? Hanya dengan menuliskan 2 hal penting tersebut saja, baik anda yang reseller maupun dropshipper sebenarnya sudah bisa memaksimalkan deskripsi produk toko online anda di marketplace.